Cara Memproteksi Sheet Excel Agar Tidak bisa Diedit

Excel meruakan salah satu program pada Microsoft Office yang digunakan untuk kepentingan mengolah angka atau data. Program ini sangat berguna bagi dalam kehidupan sehari-hari kita seperti membuat laporan keuangan, pembuatan data base, penyajian data-data dan lainnya. Dalam beberapa hal data-data yang disimpan dalam excel bisa menjadi sangat penting serta bersifat rahasia sehingga file ini harus dilindungi.

Dalam beberapa kasus, pengguna biasanya melindungi data-data yang ada dalam salah satu sheet dari excel agar tidak berubah atau tidak bisa diedit lagi secara sengaja maupun tidak disengaja atau dengan kata lain hanya bisa dibaca saja. Sehingga, si pengguna harus memproteksinya. Dalam hal proteksi program excel bisa diandalkan.

Pada program excel, kita bisa memproteksi sheet yang kita inginkan agar nantinya apabila file tersebut dibuka oleh seseorang, orang tersebut hanya bisa membacanya dan tidak bisa merubah atau mengeditnya. Berikut adalah langkah-langkah memproteksi sheet agar tidak bisa di edit:

1.    Buka file excel yang akan diproteksi
2.    Pilih sheet yang akan diproteksi
3.    Klik review pada menu toolbar
Cara Memproteksi Sheet Excel Agar Tidak bisa Diedit

4.    Klik protect sheet
5.    masukan password sesuai dengan keiinginan anda klik ok
6.    masukan kembali password klik ok

Nah, sekarang anda telah memiliki sheet yang terproteksi. apabila anda ingin menghilangkan proteksi sheet tersebut lakukan dari langkah 1 sampai dengan langkah 3, Kemudian klik unprotect dan masukkan paswordnya klik ok.

Selamat mencoba :)

NB : office yang kami gunakan sebagai ilustrasi adalah office 2007

Related Product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BERBAGI TUTORIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger